OSPEK Paling Cepat Sejagad

Awal dari menapakan kaki untuk melangkah di perguruan tinggi adalah propesa atau bahasa kerennya OSPEK. OSPEK atau sering disebut orientasi memang serupa dengan MOS (Masa Orientasi Siswa) seperti yang dilakukan anak-anak SMP atau SMA, bedanya hanya OSPEK dilakukan untuk menyambut dan mengenalkan lingkungan, sistem belajar, dan apapun yang berhubungan dengan perguruan tinggi dan dilakukan diperguruan tinggi. Malahan ada beberapa perguruan tinggi yang menggunakan OSPEK sebagai media pembangun strata atau pemisah yang akan menghasilkan stratifikasi dalam pendidikan, seperti ke-senioritas-an. Dan tidak dipungkiri, ke-senioritas-an banyak melahirkan OSPEK-OSPEK yang berbau perploncoan dan penganiyaan seperti beberapa waktu lalu dimuat diberbagai media tentang kasus IPDN.

Di UIN Syarif Hidaytullah, OSPEK sudah ada sejak lama. OSPEK itu sendiri menurut ketua BEM “kegiatan pengenalan pada semua lini kampus, baik pendidikan, lingkungan, budaya, organisasi, dll. Tapi satu hal, OSPEK di UIN Syarif Hidayatullah tidak mengenal perploncoan.”

OSPEK di UIN biasanya di adakan pada tahun ajaran baru untuk mahasasiswa baru pula. Tapi, ada satu OSPEK yang dilakukan diluar jadwal seharusnya, yaitu OSPEK mahasiswa prodi A-F dan BPI UIN. Sebab mahasiswa ini adalah mahasiswa beasiswa program Depag.

Saya sendiri mengikuti OSPEK tersebut. OSPEK yang dilakukan oleh UIN. Tapi ini berbeda dengan OSPEK lain yang biasanya direncanakan, dilakukan oleh BEM kemudian Dekanat hanya mengikuti jadwal yang telah dibuat. Tapi ini terbalik, OSPEK mahasiswa baru ini diketuai oleh DR. Masri Mansur, MA. Pembantu Dekan I. OSPEK tersebut berada dibawah komandonya langsung, dan jadwal juga dibuat olehnya. Sedangkan pihak BEM hanya mengikuti jadwal yang telah dibuat, BEM diberi waktu untuk mengisi kegiatan, hanya satu jam pada sesion pertama untuk BEM-J dan satu setengah jam pada sesion kedua untuk BEM-F. Tak hanya itu, OSPEK ini merupakan OSPEK tercepat yang pernah dilakukan di UIN sepanjang usianya. OSPEK dilakukan hanya 10 jam, dan setelahnya tidak ada lagi atau selesai. Padahal biasanya OSPEK dilakukan minimal 3 hari bahkan seminggu.

”Baru kali ini ada OSPEK se-istimewa ini. Hanya duduk di meeting room yang ber-AC tanpa berpanas-panasan, diketuai oleh DR. Masri Mansur, MA. Dilakukan satu hari, tanpa ada embel-embel pakaian khas OSPEK. Dan satu hal, OSPEK ini dilakukan di ruangan yang mahasiswa lain belum pernah memasukinya, sungguh istimewa.” tutur ketua BEM.

OSPEK istimewa, singkatnya.

Facebook Comments

Leave a Reply

5 pemikiran pada “OSPEK Paling Cepat Sejagad

  1. hmmm….jadi pengen cepet-cepet kuliah ni…
    tapi, mampukah aku?

    harus kuliah dunk, bukan mampukah aku…! tapi maukah aku-mewujudkannya…!

  2. Beruntunglah mahasiswa sekarang, kalau jaman dulu wah sengsara ngelihatnya, sebelum subuh dah harus siap-siap kumpul di mesjid, selesainya malem lagi.

    Makasih ya udah mampir

    sama-sama, makasih juga dah mampir, jgan kapok! ya, untung-untungan mas OSPEK-y!

  3. duCh zaMAN’Y q OspEk’Y kaya ap4 y0w……

    zaman kamu ospek, kayakny ga bakal senng..! hehehe,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *